Kamis, 10 Februari 2011

Aku mau makan, jangan diinterupsi!!

Awal mula pengenalan anak makan adalah langkah penting yang bisa jadi patokan dan bahan pelajaran anak selanjutnya. Itu sebabnya, pengenalan pertama makan pada anak, selain dikenalkan dengan berbagai jenis makanan, sayur, dan buah. Anak juga perlu diperkenalkan suasana makan yang menyenangkan.

Mungkin semua orang sudah tahu ya, gak perlu dijelasin panjang lebar, kalopun mau, mungkin nanti ada jurnalnya sendiri.

Kali ini saya cuma mo bahas tentang interupsi makan pada anak (terutama bayi-balita).

Memang kita pernah melakukan interupsi?

Siapa tahu secara gak sadar kita pernah melakukannya.

Salah satu yang sebenarnya gak boleh dilakukan dan bisa jadi interupsi makan buat anak adalah....melap mulut anak yg belepotan ketika makan...

Kadang-kadang kita orangtua suka gerah ya liat anak makan belepotan mulutnya, apalagi bayi yang baru belajar makan, pasti kan mulutnya belepotan. Nah, sering-sering melap mulut anak bukannya bikin anak suka, tapi bikin dia sebel. Bukan, bukan karena dia suka belepotan, tapi dia tidak suka waktu makannya terganggu karena mulutnya yang sedang asyik makan itu diganngu-ganggu urusan lap-melap mulut!!! Grrrrhhhhh

Coba deh, kita di posisi si bayi, kira-kira kita sebel gak ya bolak balik dilap mulutnya, pasti risih kan, gak nyaman banget mulut lagi asyik ngunyah bolak balik "diinterupsi", berasa "dikritik" orang karena mulutnya belepotan ketika makan padahal kita belum lagi selesai makan dan masih pengen nerusin makan karena sedang lahap-lahapnya makan. Jadi males deh mo nerusin makan kalo gini caranya, bentar-bentar dilap!!!

Sadar gak sadar hal itu bisa bikin anak ilfeel, bete, dan jadi gak nafsu makan. Efeknya si anak jadi mikir, makan itu ternyata gak enak ya, banyak interupsinya!!!

Jadi?

Ya, kalo belepotan, biarin aja deh sampe anak selesai sesi makannya, bersihkan setelah anak selesai makan. Malah enak kan, ngebersihinnya sekalian, cuma sekali, gak musti bolak balik.

Ini juga berlaku ketika anak mulai belajar makan sendiri. Kita bolak balik membersihkan

segala tumpahan makanannya yg di baju, di mulut, di tangan, di lantai, di piring, dsb, padahal mereka belum selesai makan dan sedang bernafsu sekali mau makan!!! Ihhhh sebel gak siiihhhh

Coba deh kalo kita sedang makan di restoran, dan ada pelayan yg mondar mandir lewat meja kita entah menyapu, melap, atau membersihkan meja kita, sebel gak siiiiiihhhhh. Jadi males kan mo ngelanjutin makan yg sedang asyik kita nikmati.

Soooo....dah tahu kan musti ngapain ??

Tak jarang hal kecil semacam itu bisa jadi salah satu sebab anak jadi malas
makan ato makannya cuma sedikit, males nerusin makan, dsb, so coba dicek,
kira-kira anak GTM gak ya abis kita bolak balik lap mulutnya ato bolak balik
beresin bekas makannya selagi anak belum selesai makan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com