Selasa, 09 Februari 2010

Falda tanpa "Mimik"

Sharing ini sih sebenarnya sudah kubagi di rumah sebelah, tapi pengen berbagi juga dengan teman-temanku disini, yang kebanyakan teman-teman Online Shop yang ga ada di list MP Pribadiku.

Moga-moga bermanfaat.

Bingung juga crita awalnya Falda mulai ga "mimik".
Sudah sejak umur 2 tahun sebenarnya saya & suami berniat untuk mulai menyapih Falda pelan-pelan.

Tapi apalah daya, saya ibu rumah tangga yg full di rumah dan selalu keliatan Falda.
Sooo, siang2 malah bolak balik minta "mimik"
selagi keliatan bundanya di depan mata

Yang ada Falda bukannya berkurang "mimik"nya, malah tambah sering
Kalo saya perhatikan, "mimik"nya ini bukan lagi karena kebutuhan

Falda tuh doyan makan, apa aja dimakan, ngemil juga jalan terus
Susu uht, jus buah, semua dihajar. Berarti kan Falda "mimik"
bukan karena lapar & haus lagi layaknya bayi..

Falda minta "mimik" biasanya kalo mulai bosan, ngantuk, ato bete.
Hm...sepertinya yg dibutuhkan bukan "ASI" sebenarnya kan?
Kadang2 cuma untuk menarik perhatian atau membuat saya sibuk dg dirinya

Berdasarkan itu, saya mulai sebuah strategi baru.

Falda minta "mimik" untuk memenuhi kebutuhan psikologisnya
Soo, solusinya bukan dengan memberinya mimik,
tapi memenuhi kebutuhan psikologisnya.

Saya mulai episode menyapih perlahan.
Sejak beberapa bulan lalu, umur 2,5th

Kalo siang Falda mulai merengek minta "mimik",
saya lihat dulu nih...minta mimiknya karena apa?
Kebutuhan psikologis apa yang dia butuhkan saat itu?

Kalo kira-kira karena sedang bosan atau kesepian
saya ajak main sesuatu yg baru, saya temenin main, dsb
biasanya ini karena Falda suka saya tinggal beberes, ato kerja
Saya sibuk uplek2 di dapur ato di kamar, Falda di dekat saya main-main sendiri.
Kalo kelamaan kadang Falda suka bosen juga, mulai deh merengek minta mimik
berhubung dah tahu penyebabnya karena bosan, saya ajak nonton tv, baca buku,
main ke luar rumah, atau saya kasih kegiatan baru .

Kalo sekiranya karena kesepian, ya solusinya ditemani main,
semua kerjaan ditinggalkan dulu, lupakan rumah berantakan, dsb.
Saya buat Falda merasa bahwa dia tidak sendirian, ada bunda yang selalu menemani

kalo keliatannya Falda bete karena sesuatu, saya peluk dan ajak bicara
ngobrol ngalor ngidul, tanya-tanya, knapa kog keliatan sedih, kesel, bete, dsb

kalo keliatan udah ngantuk dan dah ga bisa ditolerir, baru saya ajak tidur
nah, tidur bareng falda ini adalah tahap yg paling sulit utk menghindari "mimik"

"mimik bunda, mimik" teriak Falda histeris menuntut mimik
"oke, bobonya boleh mimik dulu, tapi ga lama-lama ya, abis mimik langsung bobok,
kalo kelamaan bunda pegel nih, pusing kepala bunda karena posisi badannya miring"

(saya suka migren kalo kelamaan tidur di posisi yg salah)

Sejak mulai diterapkan mengurangi frekwensi menyusu siang,
dari awalnya menyusu sepanjang siang bisa beberapa kali,
lama-lama berkurang frekwensinya sampai tinggal waktu tidur siang aja.

Waktu tidur siang pun saya mulai pelan-pelan atur supaya Falda tidur tanpa mimik

"Boboknya ga pake mimik ya dek, kita boboan aja"
"Ga mauuuu"

Hehehe...tapi saya ikut tidur bareng Falda sampe bener ketiduran
Daaannn...tahu2 Falda tidur sendiri tanpa saya tahu bagaimana cara tidurnya :D

Akhirnya, mulai sering juga Falda bisa tidur sendiri
Entah pas udah kecapekan dan ngantuk, entah tidur bareng kakak-kakak atau ayahnya

"ayo dek..bobok sini ama kakak"
"sini aja dek, bobonya sama kakak Faldi"
Dan Falda ikut-ikut tidur seperti kakak-kakaknya.
Kalo kakak-kakaknya dalam waktu ga sampe 5 menit udah langsung pules
Kalo Falda kadang-kadang bisa ikut pules juga atau malah bangun lagi

"bunda, bobo"
"ayuukkk"
"mimiiikkk"
"ga usah pake mimik deh, kita boboan aja, bunda dah ngantuk nih"
Dan bunda pun ga sampe 5 menit udah teler, ga tahu lagi kejadian Falda tidurnya bagaimana

Menurut suami, kalo sekiranya suami masih terbangun, Falda akan minta usap2
Kadang-kadang suami yg bantu "nidurin" Falda,
entah dengan usap-usap, garuk-garuk punggung, pijat2 kaki, dsb

Tapi kalo sekiranya semua udah pules, Falda tidur juga dengan sendirinya, mau gak mau

Paling-paling sesekali terbangun tengah malam cuma minta minum
Begitu dikasih minum (air putih), langsung balik tidur lagi.

Sekarang, macem-macem udah gaya Falda kalo mo tidur

"bunda-bunda..pake selimut"
Falda aku kasih selimut, selimut itu ditarik sama Falda sampe nutupin muka

"biar bisa bobo bunda"
"Ok"

"bunda-bunda...matiin lampunya"
ato
"Falda pake guling ahhh"

Falda ambil guling, gulingnya ditutup ke mukanya, dan ga lama puleeesss...
ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com