Pages

SOCIAL MEDIA

Kamis, 21 Januari 2010

Orang Introvert menjadi pengusaha??

Mungkinkah orang yang introvert menjadi pengusaha?

Mungkinkah orang yang introvert membangun jaringan n menjadi pebisnis yg sukses?

Yuukkk kita intip bahasannya berikut ini :


Introvert Tak Cocok Jadi Wirausaha?

sumber : Wanita Wirausaha Femina

Sebetulnya, orang yang tidak bisa memperoleh keuntungan dari berjejaring ataupun melakukan pemasaran word of mouth (WOM) adalah orang yang tidak suka bergaul dengan orang lain. Namun tentu saja orang seperti ini kecil kemungkinannya menjadi wirausaha atau berkiprah di bidang pemasaran atau penjualan.

Umumnya, wirausaha yang bergantung langsung pada orang-orang yang membeli produk atau jasanya secara langsung, masih punya rasa pe-de dalam membangun hubungan dengan orang lain. Bahkan jika Anda bukan tipe orang yang supel atau suka ngobrol, Anda tetap dapat mengkomunikasikan ide-ide Anda serta membentuk hubungan yang saling menguntungkan. Banyak orang yang bertipe seperti itu, dan jika Anda termasuk di dalamnya, pemasaran WOM masih menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun bisnis Anda.

Seringkali, orang yang introvert menarik diri dari membangun jaringan karena mereka merasa tidak pandai dalam memulai percakapan. Ini tentu sangat disayangkan, karena mereka sebenarnya lebih bagus di bagian yang lebih penting dalam proses membangun hubungan.

Networking merupakan proses dua tahap. Pertama, Anda harus bertemu dengan orang baru dan berbagi informasi tentang diri Anda. Orang ekstrovert mungkin lebih baik di bagian pertama ini. Namun orang introvert lebih bagus di bagian kedua, yakni mendengarkan orang yang baru ia temui. Dan jenis networking yang ada sekarang ini sebenarnya lebih mudah bagi seorang introvert, karena orang ekstrovert lebih suka bicara tentang dirinya sendiri, sementara intovert lebih bagus dalam mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.

Seorang pembangun jaringan mempunyai dua telinga dan satu mulut, dan kedua pancaindera ini sebaiknya digunakan sesuai proporsi jumlahnya. Seorang networker yang bagus akan mengajukan pertanyaan dan mengenal karakter orang lain. Dan sekali Anda mengenal orang itu, akan lebih mudah untuk membantu mengatasi masalah mereka.

Jadi, Anda introvert? Berhentilah memakainya sebagai alasan untuk tidak membangun jaringan. Jika Anda masih merasa sungkan, ada banyak teknik yang bisa dipakai untuk membuat proses itu menjadi lebih mudah. Contohnya, kalau Anda merasa tidak nyaman berada di antara orang-orang asing, cobalah melatihnya dengan cara menjadi panitia penerima tamu di acara pameran atau event yang berhubungan dengan banyak orang. Dengan cara ini, Anda berlatih untuk menyapa orang lain, dan sebelum Anda menyadarinya, kekhawatiran dan kekakuan Anda pun telah hilang.

Banyak kesempatan untuk belajar seni membangun jaringan, dan seringkali di tempat yang Anda tidak duga sebelumnya. Apakah Anda pernah ikut menjadi relawan dalam sebuah kegiatan sosial? Misalnya menjadi relawan korban bencana alam, ikut klub fotografi, atau aktif di kegiatan orangtua murid? Kegiatan seperti ini memberikan kesempatan yang besar untuk bertemu dengan banyak orang baru, dan bisa saja sebagian di antaranya nanti menjadi klien bisnis Anda.

Networking dan pemasaran WOM adalah ketrampilan yang bisa dipelajari, seberapapun introvert-nya Anda. Kalau Anda masih merasa belum nyaman juga, ikutlah semianr atau workshop yang mengajarkan cara efektif membangun jaringan. Anda akan menemukan bahwa ketika Anda belajar cara menangani situasi seperti ini, Anda akan lebih relaks dan percaya diri dalam membangun jaringan pelanggan.

Catatan:
Ekstrovert: cenderung mudah berteman, asertif, suka dengan hal-hal yang menyenangkan
Introvert: cenderung lebih tenang, kalem, selektif dalam berteman, kurang suka hura-hura, namun biasanya lebih kaya pengetahuan.

Sumber artikel : Wanita Wirausaha Femina


Yuuukkk, kalo anda ingin coba latihan n praktek bisnis, gabung dg grup Boss Family,
yakin anda akan takjub sendiri "wooow saya bisa juga begini"

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com