Kamis, 27 Agustus 2009

Kalau anak Mogok Makan (GTM)

Biasa deh, seneng bahas soal GTM. Kebetulan aku emang suka bantuin jawab kalo ada masalah soal GTM di milis-milis.

Nah, gak sengaja aku nemu lagi nih di arsip milis jawabanku tentang GTM. Pengen aku share buat semua ahhh...

So, aku copas aja disini ya

OK, happy reading

------------------------------------------------------------------------------------------------------

- apakah UHT bisa bikin anak ga selera makan? perlukah diganti dengan sufor
biasa lagi?
>>>
kalo bisa jangan mengandalkan sufor ataupun uht
kebanyakan minum susu bikin anak merasa kenyang
apalagi sufor kan tdk mudah dicerna, jadinya mereka malas makan
udah keburu kenyang perutnya sama sufor

- katanya anak ga akan membiarkan dirinya kelaparan, apakah dengan seharian
tidak memberinya susu dia akan mau makan?
>>>>
bisa saja
berikan saja susu secukupnya, 1-2 gelas sehari
btw, mom masih memberikan ASI? kalo iya, cukup ASI saja
ASI tdk akan membuat anak kekenyangan karena ASI,
jadi anak (batita) tetep bisa merasa lapar

maksudku, anak umur 16 bulan udah ngerti dengan konsep "kalo lapar harus makan",
>>>>
bukan masalah ngerti ga ngerti
konsep itu kan kita yg menciptakan
tapi anak-anak sejak lahir secara natural sudah punya naluri untuk itu
itu memang sudah insting alami makhluk hidup kan?

Nah, justru kita kadang yang sering bikin anak2 ga kenal insting alami ini
Jadi anak2 dulunya waktu masih bayi kita udah jejali berbagai menu makanan
jadwal makannya sehari begitu padat,
padahal mungkin saja kebutuhannya tdk sebanyak yg sudah kita jadwalkan
anak tdk diberi kesempatan utk kenal rasa lapar
Nah periode GTM sebenarnya adalah sarana anak belajar mengenal rasa lapar
hehehe...ini mungkin teori asal2an dari saya
mohon maaf kalo salah ato tdk berkenan

dulu sekali, saya ingat punya seorang teman di US yg anaknya hobi GTM
saat datang ke DSA, tahu jawaban DSAnya? cuma begini
"biarkan aja, jgn diberi susu, nanti kalo lapar kan dia pasti minta makan"

so simple...
kitalah yg membuatnya rumit
karena memikirkan bagaimana anak tdk makan apa2 seharian
memikirkan bagaimana kalo anak jadi sakit, kurang gizi, dsb..
hehehe...ini ciri khas kita sebagai ortu kan? khawatiran..

Nah, setiap anak2 saya GTM
pedoman saya cuma satu, inget2 kata DSA temen saya itu
Jadi, saya cuma biarkan anak ga makan
kejam? ga juga...
kan itu ajang latihan buat anak
kalo mereka ga pernah tahu rasanya dibiarkan ga makan,
kalo mereka ga dibiarkan tahu rasanya lapar dg ga makan,
bagaimana mereka bisa tahu dan punya kesempatan utk tahu rasanya lapar?

So...anak2 saya sering puasa kalo sedang GTM...
hahahahaha...**hush...ga boleh lebar2**

Falda (23 bln), sejak 9 bln-an sudah bolak balik ngalamin GTM
tapi ya ga murni GTM
yg ditolak paling cuma makanan utama
selebihnya masih doyan cemilan2
masih mau sayur buah ato cemilan2 padat
ato kalo memang lagi full GTM, ya beneran ga makan apa2
paling cuma mik ASI, minum air putih
tapi...paling2 dia cuma tahan GTM 2-3 hari
karena setelahnya dia akan balas dendam
mendadak makan banyak, bolak balik ngemil,
minta makanan yg sedang dimakan org, minta disuapin, dsb

rekor anak2 tahan GTM cuma seminggu
biasanya lebih karena sedang sakit ato ga enak badan
makan nasi susah, ngemil ogah, dsb
tapi jgn tanya begitu sembuh, langsung kalapppp...
sebentar2 makan, nyemil, minta makan, dsb


- aku membiarkannya makan sendiri setiap sesi makan, disamping aku menyuapinya
dari samping, ellese keliatan tertarik, tapi yang masuk tetap aja cuma beberapa
butir nasi di awal, sisanya dibuat main, sedangkan makanan yang disuapiku tidak
masuk.
>>>
masih bagus donk ada yg masuk, itu berarti masih makan
Falda juga begitu kog
Dan buat saya,
kalo udah sukses masuk 1-3 sendok (sendok teh lho), brarti udah makan..
kalo sampe bisa masuk 5-6 sendok, itu bonus
kalo sampe masuk 10 sendok ato lebih, itu baru takjub...
hehehehe

Beneran deh mom, dibikin santai lebih enak
sebisa mungkin jgn paksa2 atau tawarkan berlebihan
anak2 lama-lama akan muak
dan menganggap sesi makan itu sesi yg menyebalkan...

btw, makannya ga dicampur2kan?

Ok mom, smoga ga bingung lagi ya
Maya Siswadi - Bunda 3F
http://bunda3f.blogspot.com

sumber :arsip milis yg ini

1 komentar:

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com