Pages

SOCIAL MEDIA

Kamis, 02 Juli 2009

Direct Selling? MLM? Benarkah?

Ini masih dari Web site APLI. Kali ini saya copas lagi artikel tentang Direct Selling, MLM. Buat pembelajaran kita bersama, apakah MLM itu termasuk money game, skema piramida, atau bukan, yuk, kita pelajari bersama ya..
Sumber artikel dari sini ya :
www.apli.or.id
Selamat Membaca, smoga tercerahkan
-----------------------------------------------------------------------------------------------

Pengertian Direct Selling

  1. Apa itu Direct Selling (Penjualan Langsung) ?
    Direct Selling (Penjualan Langsung) adalah :
    Metode penjualan barang dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan iuran keanggotaan yang wajar.
  2. Apa saja yang termasuk Direct Selling ?
    • Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat), maksudnya adalah : Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri.
    • Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), maksudnya adalah : Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya.
    • Bagaimana kita mengetahui perusahaan yang melakukan penjualan langsung dengan benar ?
      • Mitra usaha hanya boleh membeli keanggotaan dari perusahaan satu kali saja.
      • Perusahaan tidak boleh memberikan keuntungan kepada Mitra Usaha hanya atas hasil rekrut anggota baru.
      • Di perusahaan, harus ada barang atau jasa yang diperdagangkan dan dipergunakan oleh konsumen.
      • Barang tidak dipergunakan sekedar sebagai kedok, yang akan terlihat bila barangnya dijual dengan harga yang tidak wajar.
      • Keuntungan atau laba yang diperoleh anggota adalah terutama berdasarkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen, bukan dari rekruting anggota baru.
      • Ada pelatihan tentang pengetahuan produk dan cara menjual kepada mitra usaha.
      • Ada buy back guarantee (jaminan beli kembali setelah diperhitungkan semua biaya-biaya terkait) dari perusahaan atas produk atau inventory yang masih layak jual milik anggota bila anggota mengundurkan diri dari perusahaan.
      ------------------------------------------------------------------------------------------
      Lanjut

      Tidak ada komentar :

      Posting Komentar

      Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

      Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com