Senin, 02 Februari 2009

Pikirkan Matang-matang usia anak ketika masuk PG/TK

Yup, pikirkanlah matang-matang usia anak-anak ketika ia akan masuk PG atau TK

Hitung-hitung kembali usianya nanti saat ia akan masuk SD, jangan sampai belum cukup umur 6 tahun atau 7 tahun atau kurang banyak dari 6 atau 7 tahun.

Akhir-akhir ini banyak ortu yang dibuat pusing urusan anak masuk sekolah. Ada yang mulai hunting sekolah, sibuk pendaftaran, dsb. Nah, yang sering banget saya perhatikan akhir-akhir ini di berbagai milis banyak yang akhirnya kepusingan setelah mo daftarin anaknya ke SD, lah kog umurnya belum cukup...pusing deh..

Ada yg mo masuk SD, anaknya dah di TK B, umurnya baru 5 th 7 bln pas nanti bulan Juni-Juli. Ada yg umurnya 5th 6 bln, 5 th 8 bln. Dan mereka ini biasanya kelahiran Oktober-Februari yang bikin umur masuk sekolahnya nanggung.

Serba salah, mo disuruh ngulang TK lagi pasti semua ibu-ibu itu akan keberatan atau anak-anaknya pada ga mau. Tapi kalo maksain mo lanjut ke SD, ortunya harus usaha keras cari sekolah yang mau nerima anak belum cukup umur.

Memang sih, usia bukan satu-satunya jaminan menilai kecerdasan anak. Tapi yg dibutuhkan untuk masuk disini kan untuk sekolah dasar ya, tentu yg dibutuhkan pihak sekolah bukan sekedar anak-anak yg pintar saja. Tapi juga anak-anak yg matang secara mental emosional. Itu sebabnya pemerintah mensyaratkan usia masuk SD sebenarnya 7 th, karena secara mental emosional anak seusia itu sudah cukup matang untuk menerima pelajaran SD, rentang konsentrasinya sudah cukup panjang, kemampuan menangkap perintah sudah cukup bagus, dsb, yang dibutuhkan untuk bisa belajar optimal dan tanpa banyak masalah di SD.

Perlu diingat, pelajaran SD saat ini cukup berat, bayangkan dari tadinya di TK anak cuma belajar sambil bermain, nyanyi-nyanyi, nari, bikin prakarya, dsb, mendadak begitu dia masuk SD sudah dihadapkan pelajaran yg membutuhkan uraian, penjelasan, dsb. Ada ulangan, PR (jika ada), tugas, dsb.

Iya kalo cuma masalahnya hanya sampai belum cukup umur, tapi kalo masalahnya belum cukup matang untuk bisa masuk SD dan mengikuti pelajaran formal secara berkelanjutan bagaimana? Kan kasihan anaknya kalo ke depannya bermasalah di sekolah, bermasalah ketika menghadapi pelajaran, teman sebaya, guru, lingkungan, dsb.

Memang otaknya boleh pintar, prestasi di sekolahnya oke tapi kesiapan dan kematangan emosional ga bisa dipaksakan, kasihan kalo kekecilan nantinya di sekolah menghadapi kendala2 dalam pergaulan ato pelajaran ga bisa menangani karena masih belum "sampe" mentalnya. Misalnya di sekolah diintimidasi teman-temannya yang lebih besar dan tua, dianggap anak bawang dan diperas, ato disuruh-suruh dan ga berani melawan karena memang mentalnya masih belum begitu kuat.

Kematangan psikologis sangat diperlukan anak-anak ketika mereka akan mulai belajar formal di sekolah. Tidak sekedar pintar tapi secara mental emosional belum siap. Kasihan lho anak-anak itu. Mereka belajar bukan cuma setahun dua tahun, tapi seterusnya selama 12 tahun!!! 6 th SD, 3 th SMP, 3 th SMA. Belum ditambah kuliah 3-4 tahun. Kalo nambah S2? C spasi D

Perbedaan umur beberapa bulan pada anak-anak sangat besar pengaruhnya. Karena menyangkut jam terbang juga. Yah, kek bayi aja deh, bandingkan bayi 6 bln dg bayi 8 bln, cuma beda 2 bln kan? Tapi beda 2 bln itu signifikan sekali perbedaan di antara mereka. Yang 6 bln baru bisa duduk sendiri, itupun kadang masih terhuyung-huyung, sementara yg 8 blnn mungkin sudah mulai merangkak.

Nah, agak gedean dikit bandingkan kemampuan komunikasi anak umur 2,5 tahun dg anak 3 tahun misalnya. So, buat anak-anak, umur beberapa bulan itu beneran bermakna bedanya.

Jadi, coba sebelum masukin anak ke PG/TK, pikirkan dan pertimbangkan dg matang & tepat kapan dimasukkan ke sekolah, sebelum kebingungan belakangan saat mencari SD yg mau terima umur anak yg belum cukup umur sementara mengulang TK lagi gak mau.

Lebih baik anak masuk lebih telat dikit daripada buru-buru tapi ke depannya bermasalah di sekolah. Biarkanlah anak puas dulu bermain di usia bermainnya ini, nanti kan pada saatnya dia beneran "harus" sekolah dan belajar, dia bisa belajar maksimal dan ga keburu "capek" di tengah jalan karena energinya dah keburu habis di awal. Supaya dia juga gak "ngutang" masa bermain di masa sekolahnya nanti.

36 komentar:

  1. Thx mom, bermanfaat buat saya... buat berpikir kembali...

    BalasHapus
  2. Betul Bun, yang bikin jiper sebenarnya lingkungan sekitar, yg bolakbalik nanya, anaknya udah sekolah belum? sementara anak2 lain yg seusia anak saya atau bahkan di bawahnya sudah terlebih dahulu di sekolahkan oleh ortunya. Alhamdulillah anak2 masih senang bermain di rumah, tapi tahun ini kakak memang sudah waktunya mendaftar sekolah, terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  3. @dzaky : makasih ya udah mampir n baca blog saya

    @helda : iya, sekarang banyak anak2 yg disekolahkan dini oleh ortunya, trend seperti ini menimbulkan kecemasan buat ortu yg belum menyekolahkan anaknya, lingkungan pun kadang jadi ikut2an latah, nanya knapa anaknya belum sekolah, laah emangnya PG-TK itu wajib ya? yg wajib kan ortunya memberikan pendidikan n stimulasi yg cukup utk anak2nya sedini mungkin, dan sebenarnya stimulasi dini itu bisa berawal dari rumah :)

    BalasHapus
  4. Anakku lahir di bulan September mbak, rencananya sih mau dimasukkin TK di umur 5 tahun 10 bulan, dan SD nya 6 tahun 10 bulan. Abis kalo tunggu 7 tahun 10 bulan kayanya terlalu besar utk masuk SD :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dg anak keduaku kalau gitu, masuk umur 6th 10bln

      Hapus
    2. Anak saya juga pas masuk usia 6 tahun 8 bulan. Krn waktu di tes 5 th 8 bulan hasilnya belum matang masuk SD. Jadi homeschooling sama saya selama setahun.

      Hapus
  5. makanya, waktu mau masukin tk ankku yg kedua, terpaksa kubatalin. Soalnya guru TKnya malah ngadain les calistung buat anak-anak TK. duh... katanya karena bnayak ortu murid yang minta begitu, untuk persiapan masuk sd

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, itu sebabnya anakku sempet aku tarik dr TK dan sempet home schooling sampai dia masuk SD :)

      Hapus
    2. sy seorang guru,,sy tdk mmasukkan ank sy ke pg atau paud tp sy ganti dgn les bimbel ktika umrnya 4thn,,stlh itu pas 5thn sy masukn ke tk a 1thn dan tk b 1 thn lg,,jd msuk sd pas di usia 7thn

      Hapus
  6. Setuju banget mak Maya. Anakku juga masih enjoy bersekolah di rumah dulu ;)

    BalasHapus
  7. salam kenal mak maya.. sharingnya menarik sekali.. bisa menjadi pertimbangan saya untuk sekolah anak nantinya.. oiya, saya ini termasuk yang masuk sekolah kecepetan 5 tahun 2 bulan. dan segitu udah 3 tahun di TK. jaman dulu ga ada PG. Alhamdulillah tidak banyak mengalami kendala baik dari sisi belajar maupun bergaul. Tetapi tentu saja kasus saya ini belum tentu cocok untuk sistem pendidikan zaman sekarang.. :)

    BalasHapus
  8. hihihi aku raffi dari kecil tak sekolain..tujuannya bukan maksain...tapi biar ada temen,,.secara disini rumahnya tutupan semua :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak sya juga dari kecil sdh masuk ke PG tujuannya sma dengan bunda agar lbh bisa bergaul n menambah teman bun. Minta pendapat ya bun, anak sya sdh sya masukkan sekolah usia 3 tahun, saat ini usia anak sya 3.5th tp bingung mw dilanjutkan PG lagi atau mw di sekolahkan dirumah. Dilemanya lingkungan jga bun, anak sya sudah sekolah tp tiba2 berhenti begitu aja. Makanya menurut bunda gimana ya ?

      Hapus
  9. anak saya yang nomor 1 sudah bersekolah sejak usia 2 tahun atas keinginannya sendiri dan memang ia membuktikan kalau ia bersungguh-sungguh. Sedangkan yang nomor 2 baru bersekolah diusia 5 tahun, terlambat tapi ia langsung menunjukkan kemampuan yang baik dalam membaca, menulis dan berhitung. Setiap anak memang berbeda.

    BalasHapus
  10. makasih infonya ya mba..
    bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  11. Setuju banget nih. Kebetulan anakku kelahiran September. Nggak apa2 deh lebih tua dengan teman sebayanya nanti, yang penting si anak puas menikmati masa mainnya sebelum akhirnya berkutat sama pelajaran. Thanks sharingnya, mak.

    BalasHapus
  12. hmm jadi mikir lagi nih mau masukin tara sekolah, makasi sharingnya mak

    BalasHapus
  13. Iya..anak sy jg kelahiran sept..umurnya nanggung bgt mau msk TK..insyaallah sy masukkan tahun depan di umurnya 4tahun 10bln..agak minder sering d tnyain temen anaknya kok ga sekolah ga msk TK..tp insting saya sbg ibu yg tau gmn mood si anak sy merasa umur 3thn 10bln belum matang untuk msk Tk hehe makanya rencana sy tahun depan biar ntr sd nya di umur sblm 7thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak q lahir bln oktober.. bngung mau di skolahin tk umur brp y apa pas 5 thun atau lbh biar nnti msk SD y jg gk krng.. ada yg bs ngsh msukan...?

      Hapus
    2. Iya ya... Seperti saya yg lg galau abis krn anak perempuan saya di bulan februari 2017 ini sudah berusia 5th. Rencananya saya mau mendaftarkannya TK tahun ini, tapi... Kok setiap ditanya jawabannya selalu berbeda-beda. Antara mau dan nanti-nanti saja. Gimana baiknya ya mbak... Sementara ini dia sudah ikut bimba. Apa saya harus menunda hingga tahun depan lagi dan langsung daftar ke TK B dengan konsekuensi masuk SD di usia 7th 4bln.
      Balas

      Hapus
    3. Iya ya... Anak saya lahir di bulan februari. Tahun 2017 ini usianya genap 5th. Saya bermaksud mendaftarkannya ke TK B supaya masuk SD nya pas usia 6th 4bln. Tapi, jawabannya selalu berubah-ubah setiap ditanya. Antara mau dan nanti-nanti aja. Bundanya jadi ikutan galau nih... Gimana baiknya ya, apa saya harus menunda lagi hingga tahun depan? Dengan konsekuensi masuk SD di usia 7th 4bln.. Kira-kira ketuaan ngga ya mbak? Oiya, saat ini dia sedang asik ikut bimba.
      Balas

      Hapus
  14. DilingkungN saya kbnyakAn anak anak disekolahkan trll dini.bahkan usia enam tahun dah kelas 1SD. Berhubung anak saya mau q sekolahkan umur 7 tahun.banyak yg berkomentar negatif(bilang ntr dikelas trll tua).padahal sbagai ortu kami ingin memberikan yg terbaik.karena demikian kami jadi baper skg sendiri

    BalasHapus
  15. DilingkungN saya kbnyakAn anak anak disekolahkan trll dini.bahkan usia enam tahun dah kelas 1SD. Berhubung anak saya mau q sekolahkan umur 7 tahun.banyak yg berkomentar negatif(bilang ntr dikelas trll tua).padahal sbagai ortu kami ingin memberikan yg terbaik.karena demikian kami jadi baper skg sendiri

    BalasHapus
  16. DilingkungN saya kbnyakAn anak anak disekolahkan trll dini.bahkan usia enam tahun dah kelas 1SD. Berhubung anak saya mau q sekolahkan umur 7 tahun.banyak yg berkomentar negatif(bilang ntr dikelas trll tua).padahal sbagai ortu kami ingin memberikan yg terbaik.karena demikian kami jadi baper skg sendiri

    BalasHapus
  17. Aku juga binguuuuunggggg....anaku lahir desember. Secara kemandirian n akademis udah sama bahkan melampaui beberapa anak kelas B. Tp g diterima di sd. Anaknya udah bilang pengen masuk sd mulu hik hik

    BalasHapus
  18. sekarang setelah mengalami sendiri anak kemudaan masuk SD, saya ga rekomendasikan PG/PAUD ke anak tetangga.

    biarlah anak main di rumah sampai umur 5 tahun. ini di lingkungan saya ya, yang IRT-nya banyak.

    BalasHapus
  19. Sekolahku hampir semua siswa kelas 1 nya berusia 6 tahun Mbak, ya Allah, aku guru kelas 1 geleng2 kepala. Secara prestasi memang bagus, tapi kalau diajar, sak karepe dewe, sesuka hatinya. Mereka belum siap untuk menerima pelajaran di SD yg sudah mulai rumit materinya. Maunya itu maen teruuuss.

    BalasHapus
  20. Anak saya masuk SD usia 7,5 thn. Sy gak msalah dengan komentar orang2 yg bilang kalau tertinggal dengan temannya yg sudah setahun diatasnya. Bagi saya anak2 memiliki kemampuannya sendiri2. Dan alhamdulillah anak sy selalu ranking walaupun hanya sampai 10 besar.

    BalasHapus
  21. Anak saya lahir 31 des'12, udh maksa bgt minta sekolah. Pas udh Di dftr ke Tk A, ayahnya malah Ada rencana pindah dinas Di tahun kedpn nya. Saya coba konsul ke gurunya, gmn klo lgs ke Tk B, jd Pas pindah bs lgs dftr ke SD. Ternyata si guru keberangkatan, dgn alasan umurnya msh terlalu belia. Mendingan disini Tk A, ditempat baru Tk B. Ya emg bener sih. Tp berat Di ongkos jg bt ortu. Menurut bunda2 gmn? Ada masukan bt saya?

    BalasHapus
  22. Salam bunda semuanya, mau tanya sembari nunggu usia ya 5th u/TK A (biar SD pas 7th), apa kegiatan anak sebaiknya? Kalo drumah aja anak saya bosenan, meski kLo sore main2 sm temennya, klo bimbel kok saya rasa kurang perlu..ada info group main seperti hanya dancing, playground, tp ad interaksi anak yg masuk 1 minggu 2x tdk diajari calistung dan baca..thx..saya di jaktim

    BalasHapus
  23. Salam bunda.. mohon saranx.. saat ini anak saya umur 3,5bln kelahiran bulan desember..rencana saya tahun depan di umur4 thnan mau saya masukan ke bimbel..kaya mewarnai..mengaji.. dan yg laen sampe umurx pas masuk sd.. menurut bunda gmana y..soalx temenx udah banyak yg prasekolah..dan selalu ditanya kapan anakx sekolah.. trima kasih atas saranx bunda

    BalasHapus
  24. Salam bunda.. mohon saranx.. saat ini anak saya umur 3,5bln kelahiran bulan desember..rencana saya tahun depan di umur4 thnan mau saya masukan ke bimbel..kaya mewarnai..mengaji.. dan yg laen sampe umurx pas masuk sd.. menurut bunda gmana y..soalx temenx udah banyak yg prasekolah..dan selalu ditanya kapan anakx sekolah.. trima kasih atas saranx bunda

    BalasHapus
  25. saya mommy yang lagi galau, tapi membulatkan tekad saya untuk mengulang kan lagi anak sy di TK B, karena usia baru 5 tahun 8 bulan.. sedih liat temen2 nya hari ini graduation, tp saya yakin kematangan emosional anak akan lebih penting kedepan nya, thank you mommy2 yang udah sharing disini.. hati saya jd terobati..

    BalasHapus
  26. Saya jg bimbang ank sya skrng 5thn 2bln, kmrin sya daftarin TK mkiry 2thun,msuk klas A ,sya pkir lg byk yg ngmong klo ank sya nantiy sdkolahy cerdas, klo msuk B kn pljarannya lngsung... takuty msuk sdy ketuaan..
    Berdiskusi dgn suami lg mnta 1thun
    Coz disamping itu dy udh bljr mengaji dket rmh,mhon bntuanny ya

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com