Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 14 Februari 2009

Kenapa bayi bolak balik menangis dan ga kenyang-kenyang?

Buat ibu baru aka new mom, menghadapi baby new born aka bayi baru lahir pasti bingung

Kog bayi bolak balik nangis ya?

Kog bayi kayaknya gak kenyang-kenyang ya nyusunya? Apa ASI saya sedikit?

Terinspirasi pertanyaan di milis tentang hal ini, saya pengen share jawaban saya berikut

Moms sayang
saya tahu bagaimana rasanya jadi new mom
saya tahu banget bagaimana sedihnya, paniknya
saya tahu banget bagaimana capeknya, bingungnya
karena saya dulu juga begitu...persis
cuma dulu saya beruntung, karena ga ada sufor sebagai saingan

Dulu waktu abis lahiran anak pertama
saya shock banget
semua berubah mendadak
dunia serasa tdk nyaman lagi buat saya **hiperbola ga sih**
dari tadinya saya bisa tidur nyenyak sepanjang malam
bisa istirahat dan tidur siang dg nyaman
begitu mendekati detik2 kelahiran semua berubah
dan saya kaget..saya shock...

saya pikir itu hanya sementara..
saya pikir someday saya bisa lagi ngalamin tidur siang dg nyaman
bisa tidur malam dg nyenyak
ternyata makin hari saya makin ga bisa ngapa2in
karena baby yg bolak balik bangun
tidak lagi dlm hitungan jam
yg kata buku2 susuilah tiap 2-3 jam?
ehmmm...itu kata buku
nyatanya?
baru 10-30 menit bayi saya taruh setelah menyusu
eh...tiba2 ngek lagi...
padahal saya baru mau menegakkan punggung utk istirahat
baru mo meremin mata utk tidur..
ehhh..kog belum sempet istirahat & tidur
bayinya udah nangis lagi...hiks..hiks

walaupun dg mata mengantuk dan badan yg letih
saya angkatlah bayi saya, saya susuin lagi
begitu terus berkali-kali sepanjang malam, sepanjang siang
tiap 1/2 jam saya susuin bayi saya
bayangkan, udah nyusuin hampir 1/2 jam,
baru ditaruh 1/2 jam kemudian udah nangis lagi
begitu terus sepanjang hari, siang & malam
sampai saya ga bisa ngapa2in
seharian saya hanya nyusuin... nyusuin...nyusuin

sampai kalo udah kecapekan saya ga sanggup lagi taruh bayi saya di box bayi
bayi saya akhirnya tertidur di dada saya
saking capeknya, bayi saya tidurkan tengkurap di dada saya
rupanya dia mencari kenyamanan bersama saya
di pelukan saya dia tertidur pulas
dan saya pun tertidur bersama bayi
Kadang kalo saya terlihat sudah capek sekali
suami sesekali bergantian menidurkan bayi kami di dadanya

dulu saya masih blank, bingung, ga tahu apa2
sebagai ibu baru saya bener2 gagap dlm mengurus bayi
mana jauh dr ortu, ga ada saudara
ga ada siapa2 yg bisa ditanyain ttg perawatan bayi
jadinya saya masih gamang
apa2 khawatir, takut, panik, ragu2..
rupanya itu semua bikin bayi saya juga ikutan gelisah
dan kegelisahan saya itu membuat baby saya juga gelisah

bahkan saya sempet ngalamin baby bluess
mewek tiba2, ga jelas juntrungannya
kadang sambil nyusuin tahu2 mbrebes mili...bercucur air mata
huhuhuhuhuhu...
tapi bayi tetep saya susuin dan susuin

saya ga pernah ngitung2 dan ngukur2 ASI saya
takut ga pede...takut kecewa..
pokoknya yg saya lakukan cuma
begitu bayi menangis...susuin...susuin lagi..

saya beruntung ga ada sufor sebagai saingan dlm memberikan ASI
jadi saya ga punya alternatif, mau ga mau harus ASI
saya beruntung ga ada sodara, ortu ato org lain yg sok tahu
ternyata karena ga ada yg bisa saya tanyain
ga ada yg mempengaruhi saya ngasih sufor
ga ada yg bilangin ASI saya sedikit
ga ada yg ngomporin dan bilang PD saya kecil & lembek ASInya dikit
saya beruntung walau saya jauh dr ortu dan ga ada yg bantuin
tapi saya beruntung karena itulah yg bikin saya sukses ASIX
ga ada org yg ngomporin saya utk kasih sufor sbg alternatif
ga ada sufor sebagai saingan saya dalam memberikan ASI

sekarang setelah saya belajar banyak
saya jadi tahu
seandainya dulu sufor saya jadikan alternatif ketika bayi menangis
huhuhu...apa ga nangis saya nantinya...

memang sufor bikin bayi terlihat kenyang dan puas
ya tentu aja, sufor itu kan susah dicerna oleh bayi
jadi bayi terlihat anteng karena selama konsumsi sufor
pencernaan bayi bekerja keras mencerna sufor..
karena bekerja keras, ya bayi terlihat gak mo ngapa2in
soalnya pencernaannnya kan sedang kerja keras..
hiks...kasihan ya...ancaman sembelit bayinya

belum lagi ancaman sufor yg lain
pemberian sufor bisa mengurangi produksi ASI...hiiii
kenapa bisa gitu?
ya, posisi sufor yg menggantikan ASI
menggantikan waktu ibu menyusui bayi
menggantikan waktu keluarnya ASI dari payudara ibu
menyebabkan ASI lama-lama akan berkurang

ASI prinsipnya semakin sering dihisap, semakin banyak dihasilkan
nah, kalo bayi seharusnya menghisap ASI tapi malah diberikan sufor
akibatnya lama-lama ASI ibu yg ada di gudang akan menumpuk
penumpukan ini bukan sesuatu yg bagus,
karena oleh tubuh, penumpukan ini dibaca sebagai overquota.."kelebihan produksi"
supaya ga kelebihan lagi, produksi harus diturunkan!
glek...ngeri kan? bukan bertambah malah berkurang

Jadi menyusu tdk harus menunggu PD penuh
menyusu tdk harus menunggu PD bengkak
susuilah kapanpun bayi mau
semakin sering bayi menyusu,
ASI akan semakin terangsang utk diproduksi dan diproduksi lagi
produksi ASI itu jgn dibayangkan kayak sedang charge batere
tapi bayangkan seperti ketika kita sedang menuang air
disaat yg sama air dituangkan lagi dan lagi
Jadi ASI itu diproduksi tiap detik, bahkan ketika kita sedang menyusui
Jadi biarpun kita baru 10 menit selesai menyusui bayi
ASI akan selalu ready di "gudang"nya...

Jangan melihat produksi ASI dari hasil perahan atau pencetan PD
karena kemampuan kita ato pompa dalam memerah dan mengosongkan ASI
tidak secanggih dan sehebat bayi dalam menguras "gudang" ASI.
Jadi walopun kita cuma bisa mompa ato meres 5-10 ml,
bisa jadi bayi berhasil menghisap langsung sebanyak 50-100 ml

Jangan bayangkan bayi baru lahir butuh beratus-ratus mili ASI
bayi baru lahir lambungnya hanya sebesar biji kenari/kelereng
sangat kecil...
sehingga ASI 50-100 ml saja sudah akan membuatnya kenyang
bahkan bisa gumoh karena kepenuhan

Disamping itu, ASI sangat mudah dicerna
saking mudahnya dicerna bayi tdk akan sembelit
saking mudahnya dicerna, bayi jadi gampang lapar lagi

tak heran bayi baru lahir bolak balik menangis
pertama, karena dia baru lahir dan kenal dunia, sesuatu yg sangat asing baginya
bayi butuh kenyamanan lebih,
butuh dekapan org yg telah lama dikenalnya sejak dlm kandungan

kedua, karena lambungnya sangat kecil, hanya sebesar biji kenari
lambung kecilnya menyebabkan ASI tdk bisa muat banyak
mau gak mau harus sering diisi ulang,
nyusu sedikit-sedikit tapi sering

ketiga, ASI mudah dicerna
karena mudah dicerna, ASI tdk menyebabkan masalah pencernaan buat bayi
karena mudah dicerna, bayi jadi gampang lapar lagi

Kebayang kan?
sudah lambungnya kecil, kapasitasnya dikit,
ASI mudah dicerna shg bikin bayi mudah lapar
jadi ga heran bayi bolak balik nangis
entah mencari kenyamanan
entah mengisi perutnya yg kosong dan udah lapar lagi

apakah ini buruk? tidak..
semakin sering bayi menyusu..semakin melimpahlah ASI ibu
karena hisapan bayi akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa ada kebutuhan (demand) ASI
hal ini akan menyebabkan otak memerintahkan PD untuk berproduksi

aduhhhh kepanjangan ya crita saya?
moga-moga bisa jadi pencerahan

jika ragu2, bisa tanyakan kembali
saya akan dengan senang hati membantu

Maya Siswadi - Bunda 3F
http://bunda3f.multiply.com

1 komentar :

  1. Hai bunda3F, saya nemu posting ini sebulan yang lalu waktu bayi saya baru lahir. Sampai skrg msh suka saya baca bwt penguatan.

    Mksh banyak ya bun, sharingnya bergunaaaaa bgt :) mksh dah mau bersusah payah menulis semua itu. Terlalu panjang? Duh, nggak tuh, smua katanya berguna bgt, setidaknya bwt saya :)

    Kiss2 bwt 3F :)

    BalasHapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com