Kamis, 08 Januari 2009

Multiple skill dan multiple job?

Kerja di suatu tempat pasti ada job des.nya kan?

Kalo job desnya lebih tinggi dan lebih banyak, tentu bayarannya lebih tinggi juga kan?

Kalo lembur gimana? Biasanya sih karyawan kan dapat lemburan ya?

Hm, gimana ya dengan ibu-ibu/istri-istri?

Entah itu SAHM (stay at home mom) maupun WM (working mom)

Berapa ya gajinya? Lemburannya?

Apa aja sih kerjaan mereka?

Yuk kita intip

Apa saja sih profesi dan keahlian-keahlian yang dimiliki seorang ibu/istri:

1. Manager

Sebagai seorang manager, ibu lah yang mengatur dan memanage berbagai hal didalam rumahnya. Secara tidak langsung ibu juga harus punya keahlian managemen. Bagaimana mengatur segala sesuatunya menjadi baik. Bagaimana mengatur waktu agar efektif, bagaimana mengatur keuangan, dsb.

2. Bagian Keuangan

Biasanya yg seringkali ditugasi kebagian mengatur keuangan rumah tangga adalah para istri/ibu. Nah, ibulah yang harus pintar-pintar mengatur bagaimana dengan segala pendapatan yang ada bisa mencukupi semua kebutuhan keluarga. Ibu pula yang mengatur berbagai post-post pengeluaran.

3. Bagian Boga/kuliner

Gak semua ibu sih, tapi paling nggak ibu secara gak langsung pasti terjun ke dapur, entah minta dibuatkan menu ini itu kepada asistennya, belanja ini itu untuk masakan hari itu atau seminggu ke depan. Pastinya ibu kan yg menentukan menu keluarga. Entah ibu yg memasaknya sendiri atau menyerahkannya pd asisten. Siapa bilang memasak tdk butuh keahlian dan ilmu? Memasak itu ada ilmunya juga ternyata. Bagaimana membuat keripik kentang kriuk-kriuk dan tidak melempem ketika dimasak? Hehehe...kalo gak tahu ilmunya, biarpun terlihat sepele, ternyata tidak mudah lho prakteknya.

4. Ahli Gizi

Sebagai ibu yang baik pasti ingin membekali dirinya dengan keahlian dan pengetahuan tentang gizi, setidaknya dengan mengetahui gizi, ibu jadi tahu kan apa-apa saja yang baik gizinya untuk anak-anak dan suaminya. So, gak heran, secara gak langsung banyak juga ibu yg jadi belajar dan mempelajari gizi untuk keluarga.

5. Bagian Pembelanjaan

Ini masih urusan ibu-ibu juga biasanya. Belanja entah harian, mingguan, atau bulanan. Pastinya ibu yang ngurusin belanja sabun, detergen, susu, gula, beras, dsb.

6. Psikolog anak

Nah...ini dah pasti kan, ibu yang baik tentu selalu ingin membekali dirinya dengan ilmu yang banyak tentang psikologi anak, sehingga ketika mereka harus berhadapan dengan anak dengan kondisi dan situasi tertentu, mereka tahu cara menghadapinya. Misalnya bagaimana menghadapi anak tantrum, mau gak mau akhirnya belajar tentang psikologi anak kan? Nah, ibulah yang bertindak sebagai psikolog pertama bagi anak dan keluarganya. Bagaimana menghandle anak-anak dan mengenal kondisi psikologis anak dg baik. Haiyaaahhhh beraaatt

7. Dokter anak/keluarga

Hayooo....pasti kan seorang ibu juga harus bertindak sebagai dokter pertama bagi keluarganya, yah gak kek dokter sih, tapi paling nggak ibu yg punya ilmu kesehatan tentu gak jadi sembarangan membawa anaknya ke dokter, cukup home treatment di rumah, dan anak pun bisa sembuh tanpa harus dibawa ke dokter.

8. Guru olahraga,

Ketika anak-anak belajar melempar bola, belajar menendang, ibu tentu punya peranan sedikit banyaknya, bagaimana mengajarkan anak menendang bola, mengkoordinasikannya dg gerakan kaki dan menendangnya ke arah yg tepat. Ibu juga kadang berperan jadi guru ketika anak pertama kali belajar naik sepeda

9. Guru Kesenian

Hayoooo...ibu mana yg tidak mengajarkan anaknya menyanyi, berjoget, mengetuk2kan jari, mendengarkan lagu, menari, dsb? Biasanya seorang ibu secara naluri pasti mengajarkan anak2nya menyanyi dan berdendang, bahkan sejak dari kandungan

10. Guru les

Biasanya suka gini kan, ibu sering bertugas juga jadi guru les, mengajarkan lagi yang sudah diajarkan guru di sekolah, atau setidaknya membantu anak memahami pelajaran sekolahnya jika memang kurang paham.

11. Baby sitter

SAHM biasanya sekaligus berprofesi sebagai baby sitter, ya toh. Baby sitter aja di bayar untuk ngasuh dan ngawasin baby. Nah, SAHM juga sama tuh, jadi baby sitter juga. Ngurusin makan anak, nemenin main, masak makanan baby, dsb.

Fiuuuuhhhh...banyak ya kerjaan dan keahlian yang harus dimiliki...

Hm...masih ada banyak lagi...tapi lupa euuuyyy...

ntar ah, nambahnya nyusul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com