Senin, 17 November 2008

Berantemnya anak-anak

Punya 2 anak laki-laki kayak Faldi Ferdi emang ajaib banget.

Dari rumah yg selalu "rapi" hahaha (baca : berantakan), sampe rumah berisik.

Tiada hari tanpa lari sana-sini. Tiada hari tanpa loncat sana-sini, Tiada hari tanpa panjat sana-sini. Apa iya tipikal anak laki-laki?

Daaaannnnnn tiada hari tanpa beranteeemmmmmm.

Berantem ini bisa banyak modelnya. Dari sekedar bercanda, adu mulut, perang-perangan, rebut-rebutan, pukul-pukulan guling, pukul-pukulan bantal, sampai adu jotos.

Ferdi : kakak, jangan tidur disini (Ferdi tdk suka kakaknya tidur di tempat tidurnya)

Faldi : cuma pengen tiduran aja

Ferdi : tidur aja di tempat tidur kakak

Faldi : kakak cuma pengen tidur2an sebentar disini

Ferdi : kakak sana donk **sambil menggeser kakaknya**

Faldi : cuma sebentar dek

Ferdi : gak boleh

Faldi : cuma pengen tiduran aja

Ferdi : gak boleh!!

Faldi : sebentar doank ah

Ferdi : gak boleh !! **sambil terus mendorong kakaknya ke ujung ranjang**

Faldi : enak dek

Ferdi : gak boleh **bug** memukul dada kakaknya sampe keras

Faldi : huaaaaa **nangis kenceng-kenceng** dan dorong adiknya

Ferdi : kakak nih

Berhubung ayah bunda denger pukulan kenceng itu, jadi langsung deh tuh diberesin.

Ferdi dulu diinterogasi kenapa sampe mukul kakak sebegitu keras, dan nasihatin kalo gak boleh mukul apalagi bagian dada sampe begitu. Abis Ferdi, gantian Faldi yang ditanyain kenapa tidur di kasur adek sekalian dikasih tahu kalo adeknya lagi gak pengen. Ferdi juga dinasehatin lagi supaya mau berbagi.

Fiuhhh anak-anak itu.

Kadang-kadang pertengkaran terjadi hanya karena yang satu sedang gak mau, sementara yg satunya iseng/jahil. Ato yg satunya gak mau, sementara yg satunya kekeuuuhh pengen. Ato, yg satu terlalu gampang diprovokasi, yg satunya hobiiii provokasi. Semakin terprovokasi pihak lawan, semakin senanglah yg memprovokasiiii

****

episode di kasur

Ferdi : buk (mukul pake bantal)

Faldi : bak (mukul pake guling)

Ferdi : buk buk

Faldi : bak..bak

Ferdi : buk..buk..buk

Faldi : bak..bak..bak

Ferdi : hiyaaatttt (mulai lempar bantal, loncat dan ambil posisi gulat di atas kakaknya)

Faldi : hiyaatttt (lempar guling juga dan mulai banting adeknya)

***

Faldi : kakak duluan

Ferdi : nggaaaaaaakkkk!!! adek

Faldi : kakak

Ferdi : adek

Faldi : kakak

Ferdi : adeeekkkkkkk

Faldi : kakak

Ferdi : adek

begitu terus sampe dorong-dorongan dan akhirnya adu jotos! dziighhhhhh

Yang satu mukul, yg satu gigit, yg satu cakar, yg satu timpuk, dst.

Haaaahhhhhhh

lah, itu emak bapaknya kemana? kog anaknya dibiarkan sampe perang dunia ke 7 **lebay**

NONTONIN!! or ngeMP

***

Kadang-kadang pertengkaran anak-anak gak melulu harus diintervensi. Ada yg perlu diintervensi segera, biasanya jika sudah membahayakan (misalnya sama2 pegang pisau ato gunting..kan bahaya tuh ), tapi ada juga yg gak perlu diintervensi sama sekali.

Anak-anak juga perlu belajar. Pertengkaran, selisih pendapat, perbedaan pemahaman, perbedaan keinginan, perbedaan kepentingan, dsb, adalah salah satu media bagi mereka untuk belajar bahwa ada banyak hal di dunia ini yg tdk selalu sesuai keinginan mereka. Bahwa ada banyak hal di dunia ini yang tdk selalu segampang yg mereka pikirkan. Bahwa ada begitu banyak perbedaan di dunia ini, bahwa ada begitu banyak kemungkinan tabrakan keinginan atau kepentingan, dan mereka perlu belajar bagaimana mengatasinya sendiri!!! Tanpa intervensi atau bantuan dini orang tua.

Biarkan anak-anak belajar mengatasi masalah mereka sendiri, bagaimana mengatasi masalah ketika muncul perbedaan pendapat, perselisihan, dsb. Biarkan mereka belajar melalui pengalaman. "learning by doing", how to deal with other. Inilah pelajaran kehidupan, dimulai dari hal-hal kecil dan sederhana di rumah sendiri.

by: Maya Siswadi (Maya Mai Farnomisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com