Pages

SOCIAL MEDIA

Sabtu, 02 Februari 2008

Tips Memanfaatkan makanan sisa

Biasa cerita ttg aku, suami, or anak2..kali ini aku pengen cerita ttg mamakuMamaku itu orgnya gak bisa diam & ratu dapur banget deh...alias hobiiii banget ngubek2 di dapur..ada aja yg dikerjainnya di dapur....yah..biasa..namanya emak2..Nah...kali ini aku mau crita ttg kreatifitas mamaku dlm hal masak memasak..

Mamaku ini orgnya gak boleh liat ada makanan sisa...gak ada cerita boleh dibuang..kecuali sudah basi..Contoh kreatifitasnya??misalnya hari ini dia masak capcay...trus gak habis..kan masih nyisa tuh..biasanya ada bbp kreasi yg akan lahir...

* cap cay itu ditambahin mie trus dibikin jd mie goreng
* cap cay itu ditambahin tepung & telur trus digoreng...jd deh bakwan...
* cap cay ditambahin telur & mie taruh di loyang & dikukus/panggang...jd deh schootel mie ato bisa juga mie goreng td yg gak abis tinggal ditambahin telur & taruh di loyang trus dikukus/panggang...jd schootel mie...kalo schootel mie ini gak abis juga...dipotong2...dibalurin telur trus digoreng..jd deh bakwan schootel...tinggal sediain cabe rawit

Kalo punya roti tawar yg dah berhari2 gak habis dimakan..pasti deh besoknya atau nantinya udah berubah bentuk...
* roti tawar disuwir-suwir ...direndam susu...tambahin telur, gula, vanili..bisa pake keju ato gak...trus dipanggang/kukus...jd deh puding roti
* roti tawar dibalurin telor..digoreng pake mentega di teflon... jd deh roti telor..
* roti tawar direndam susu..ditambahin agar2 + gula... jd deh agar2 roti

Bikin ayam goreng...ayam kecap, semur ayam..berhari2 gak abis?Gak khawatir...ditangan mamaku..itu akan berubah wujud...
* bisa jd ayam disuwir2...dicampurkan ke dlm mie...goreng... jd deh mie goreng
* ayam disuwir2...campurkan ke nasi..goreng....jd nasi goreng

Nah...sekarang kebiasaan si mama ini menular pdku...aku juga mulai gak bisa ngeliat makanan sisa terbuang...sayang banget..biasanya aku olah lagi jd makanan baru..misalnya
* ada sisa kuah gulai ayam...mk besoknya tinggal aku rebusin telur..(ngerebus telurnya sambil masak nasi...hihi..kukus bersama nasi) cemplungin telur rebus kupas..tambahin tahu/tempe...jd deh gulai telor...ato...potong2 nangka muda...rebus bentar...cemplungin..jd deh gulai nangka
* ada sisa balado...potong2 tempe kecil2..goreng kering...goreng teri... panasin bentar balado..jd deh balado tempe-teri
* ada sisa ayam goreng...tinggal tumisin bawang bombay..bwg putih pake mentega...tambahin kecap dikit...jd deh ayam goreng mentega

suamiku sampe udah apal banget deh dg kebiasaan menyulap makanan ini...kalo tiba2 ada makanan aneh...dia dah langsung curiga..."ini pasti hsl modifikasi kan?"

Nah ada lg nih...misalnya
* memanfaatkan bekas sisa ngungkep ayam goreng kuning jd kuah soto...bikin deh telur rebus...daun bawang...sambel...& pernak pernik soto
* ato bekas ungkepan itu aku tuangin ke magic com saat masak nasi...jd deh nasi gurih kekuningan ala Bunda 3F

sisa rawon/soto? ambil daging/ayamnya aja ...potong/suwir2 kecil2...bisa jd campuran perkedel..nasi goreng...spagheti...telor dadar...mie goreng...schootel..dsb..ato dagingnya digongseng kering jd abon dagingbanyak kan?

sisa kuah/bumbu rendang?jgn bingung....rebusin aja telur puyuh..kupas..campur & panaskan bersama bumbu rendang sisa...bisa juga tambahkan kentang bulat kecil2 yg udah direbus/kukus dulu...gampang kan???

tips by: Maya Siswadi (Maya Mai Farnomisa)

2 komentar :

  1. Mbak maya keren banget jurusnya. Jd terinspirasi. Mumpung banyak makanan pasca hajatan yg ga habis dibagi.
    Nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, memang harus kreatif biar ga buang2 makanan, sayang kan kalo bersisa. Btw, ini siapa kah? Ga ada namanya :).

      Hapus

Komentar anda merupakan apresiasi bagi tulisan saya. Terima kasih sudah berkunjung. Maaf jika komen saya moderasi untuk mencegah pemasangan link hidup dan spam.

Tertarik bekerja sama? Silahkan kirim email ke m4y4mf@yahoo.com